Jumat, 28 Januari 2011

Ilmu Negara

 ILMU NEGARA ADALAH ILMU PENGETAHUAN YANG MEMPERLAJARI/ MENYELIDIKI SENDI-SENDI POKOK(ASAS-ASAS POKOK) DAN PENGERTIAN-PENGERTIAN POKOK TENTANG NEGARA.

Pendapat tentang Kedaulatan
 Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan segala sesuatu yang menuju pada kepentingan jasmani dan rohani dari pada anggota-anggota negara, kekuasaan ini ada pada rakyat sebagai satu kesatuan.
 Tentang Penguasa atau raja, menurutnya Penguasa atau raja diangkat oleh rakyat untuk menjalankan undang-undang, pengangkatan tersebut dilakukan dalam suatu perjanjianDalam perjanjian tersebut rakyat juga mengikatkan diri untuk tunduk pada perintah raja dalam rangka melaksanakan undang-undang. Rakyat sebagai satu kesatuan boleh mengadakan perlawanan terhadap raja yang bertindak sewenang-wenang sebagai seorang tyran. Disinilah letak monarkomaken dari Althusius.
 Tindakan yang dapat dilakukan oleh rakyat terhadap penguasa yang lalim adalah dengan cara mengantinya bahkan dapat juga membunuhnya.

 Ad.3. Cara ketiga berlaku dalam negara Federal.
 Oleh karena konstitusi dalam negara Federal dianggap sebagai “ perjanjian”, maka Perubahan konstitusi harus dengan persetujuan sebagian besar negara-negara bagian tersebut.

Perbedaqan Negara federal & kesatuan
Menurut C.F. Strong negara kesatuan ialah bentuk negara di mana wewenang legislatif tertinggi dipusatkan dalam suatu badan legislatif nasional/pusat. Azas yang mendasari negara kesatuan adalah azas unitarisme yang pernah dirumuskan oleh Prof. Dicey sebagai “...The habitual exercise of supreme legislative authority by one central power”. Negara kesatuan adalah bentuk negara yang paling kukuh, jika dibandingkan dengan federasi dan konfederasi. Dalam negara kesatuan terdapat baik persatuan (union) maupun kesatuan (unity).

Dalam federasi atau negara serikat (bondstaat, Bundesstaat), dua atau lebih kesatuan politik yang sudah atau belum berstatus negara berjanji untuk bersatu dalam suatu ikatan politik, ikatan dimana akan mewakili mereka sebagai keseluruhan. Federasi adalah negara. Anggota-anggota sesuatu federasi tidak berdaulat dalam arti yang sesungguhnya. Anggota-anggota federasi disebut “negara-bagian”, yang didalam bahasa asing dapat dinamakan “deelstaat”, “state”. “canton” atau “Linder”.

Mengenai perbedaan antara federasi dengan negara kesatuan, R. Kranenburg mengemukakan dua kriteria berdasarkan hukum positif sebagai berikut:

a. Negara-bagian sesuatu federasi memiliki “pouvior constituant”, yakni wewenang membentuk undang-undang dasar sendiri serta wewenang mengatur bentuk organisasi sendiri dalam rangka dan batas-batas konstitusi federal, sedangkan dalam negara kesatuan organisasi bagian-bagian negara (yaitu pemerintah daerah) secara garis besar telah ditetapkan oleh pembentuk undang-undang pusat;
b. Dalam negara federal, wewenang membentuk undang-undang pusat untuk mengatur hal-hal tertentu telah terperinci satu persatu dalam konstitusi federal, sedangkan dalam negara kesatuan wewenang pembentukan undang-undang pusat ditetapkan dalam suatu rumusan umum dan wewenang pembentukan undang-undang rendahan (lokal) tergantung pada badan pembentuk undang-undang pusat itu.

Perbedaqan Negara federal & kesatuan
negara kesatuan =
- hanya mengakui 1 kedaulatan, yakni kedaulatan negara
- kedaulatan daerah tidak diakui
- tidak ada negara bagian, yang ada adalah provinsi yang dipimpin oleh gubernur

negara federal =
- mengakui kedaulatan negara bagian
- negara bagian bisa membuat hukum sendiri, jadi tiap - tiap negara bagian bisa jadi memiliki hukum yang berbeda
- tidak ada provinsi, yang ada adalah negara bagian yang dipimpin oleh gubernur
materi referensi:
seinget saya sih gitu


Perbedaqan Negara federal & kesatuan
Negara Federal Vs. Negara Kesatuan
Federasi berasal dari kata Latin foedus yang berarti perjanjian atau persetujuan. Dalam federasi atau negara serikat (bondstaat, Bundesstaat), dua atau lebih kesatuan politik yang sudah atau belum berstatus negara berjanji untuk bersatu dalam suatu ikatan politik, ikatan dimana akan mewakili mereka sebagai keseluruhan. Federasi adalah negara. Anggota-anggota sesuatu federasi tidak berdaulat dalam arti yang sesungguhnya. Anggota-anggota federasi disebut “negara-bagian”, yang didalam bahasa asing dapat dinamakan “deelstaat”, “state”. “canton” atau “Linder”.
Menurut K.C. Wheare dalam bukunya Federal Government, prinsip federal ialah bahwa kekuasaan dibagi sedemikian rupa sehingga pemerintah federal dan pemerintah negara bagian dalam bidang-bidang tertentu adalah bebas satu sama lain. Menurut C.F. Strong salah satu ciri negara federal ialah bahwa ia mencoba menyesuaikan dua konsep yang sebenarnya bertentangan, yaitu kedaulatan negara federal dalam keseluruhannya dan kedaulatan negara-negara bagian. Untuk membentuk negara federal suatu negara federal menurut C.F. Strong diperlukan dua syarat, yaitu : (1) adanya perasaan sebangsa di antara kesatuan-kesatuan politik yang hendak membentuk federasi itu, dan (2) adanya keinginan pada kesatuan-kesatuan politiik yang hendak mengadakan federasi untuk mengadakan ikatan terbatas, oleh karena itu apabila kesatuan-kesatuan politik itu menghendaki persatuan sepenuhny, maka bukan federasilah yang akan dibentuk, melainkan negara kesatuan. (Miriam Budiardjo, 2000:141 dan 142).
Menurut A.B. Lapian, dkk (1996: 192), yang dimaksud dengan negara yang berbentuk federasi atau federal atau serikata pada hakikatnya adalah suatu negara-negara bagian. Secara terperinci negara federal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Penyelanggaraan kedaulatan ke luar dari negara-negara bagian diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Federal, sedangkan untuk kedaulatan ke dalam dibatasi.
2.Soal-soal yang menyangkut negara dalam keseluruhannya diserahkan kepada kekuasaan pemerintah federal.
3. bentuk ikatan keasatuan-kesatuan politik pada negara federal bersifat terbatas.
Antara negara federal dan negara kesatuan terdapat perbedaan dalam beberapa hal tertentu. Mengenai perbedaan antara federasi dengan negara kesatuan, R. Kranenburg mengemukakan dua kriteria berdasarkan hukum positif sebagai berikut:
a. Negara-bagian sesuatu federasi memiliki “pouvior constituant”, yakni wewenang membentuk undang-undang dasar sendiri serta wewenang mengatur bentuk organisasi sendiri dalam rangka dan batas-batas konstitusi federal, sedangkan dalam negara kesatuan organisasi bagian-bagian negara (yaitu pemerintah daerah) secara garis besar telah ditetapkan oleh pembentuk undang-undang pusat;
b. Dalam negara federal, wewenang membentuk undang-undang pusat untuk mengatur hal-hal tertentu telah terperinci satu persatu dalam konstitusi federal, sedangkan dalam negara kesatuan wewenang pembentukan undang-undang pusat ditetapkan dalam suatu rumusan umum dan wewenang pembentukan undang-undang rendahan (lokal) tergantung pada badan pembentuk undang-undang pusat itu. (Miriam Budiardjo, 2000:143) Sumber Yahoo

Lebih lanjut tentang: Negara Federal Vs. Negara Kesatuan


Pernyataan sri soemarti
 Menurut Sri Soemantri dalam disertasinya, menyatakan bahwa tidak ada suatu negarapun di dunia sekarang ini yang tidak mempunyai konstitusi atau UUD. Atau pernyataan yang lebih radikal yaitu tanpa konstitusi negara tidak mungkin terbentuk.
 Dengan demikian konstitusi/UUD menempati posisi yang sangat krusial dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara.
 Pentingnya Konstitusi/UUD adalah sebagai pemberi pengangan atau pedoman dan pemberi batas, sekaligus tentang bagaimana kekuasaan negara harus dijalankan.(Dr. A. Hamid S. Attamimi).
 Sedangkan menurut A.G. Pringgodigdo, pentingnya Konstitusi berkaitan dengan eksistensi suatu Negara
 Sedangkan menurut A.G. Pringgodigdo, pentingnya Konstitusi berkaitan dengan eksistensi suatu negara, syarat terjadinya negara adalah:
 Memenuhi unsur pemerintahan yang berdaulat.
 Wilayah tertentu.
 Rakyat yang hidup teratur sebagai suatu bangsa.
 Pengakuan dari negara lain.
 Hukum dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis (UUD atau Konstitusi)


Konstitusi derajat tinggi dan tidak tinggi
1) Konstitusi derajat tinggi ialah konstitusi yang mempunyai derajat kedudukan yang paling tinggi dalam Negara dan berada diatas peraturan perundang-undang yang lain.
2) Konstitusi tidak derajat tinggi ialah konstitusi yang tidak mempunyai kedudukan serta derajat.

Konstitusi derajat tinggi, konstitusi yang mempunyai kedudukan tertinggi dalam negara (tingkatan peraturan perundang-undangan). Konstitusi tidak derajat tinggi adalah konstitusi yang tidak mempunyai kedudukan seperti yang pertama.

Rabu, 19 Januari 2011

SOSIOLOGI

Tgl : 28-09-2010 Dosen : Selfius Seko,SH
A.Filsafat -> sosiologi
Dari bahasa latin : socius (latin) = teman,kawan
Logus (yunani) = berbicara
Ilmu yg mmpelajari tentng masyrkat.
Sejak lahir setiap manusia sudah berinteraksi/brhubungan dgn manusia lain.
Manusia -> kecil (ayah & ibu) -> besar (teman) -> proses prtumbhan,interaksi -> objeknya msyarakat.
1.apakah sosiologi itu adalah ilmu pengetahuan ?
2.apa itu ilmu pengetahuan ?
3.apa itu unsur2 dlm sosiologi tersebut ?
Tujuan ilmu pengetahuan adlah untuk mnsejahterakan masyrkt.
1.jawaban : sosiologi merupakn ilmu pengetahuan,karna tdk bias brdiri sendiri atw harus dikupas sedlm mungkin.
2.jawaban : ilmunpengetahuan -> pengetahuan yg tersusun scr ssistemstis,menggunkan kekuatn pemikirn dpt dikritisi oleh byk org.
3.jawaban : Unsur-unsur ->
a.pengtehuan -> ada kesan yg bias ditangkap oleh panca indra.


b.tersusun secara sistematis -> menepatkan secara teratur satu kesatuan yg utuh.
c.menggunakan kekuatan pemikiran ->
-pusatnya adalah di otak,sehingga harus disampaikan & dipikrkan oleh otak.
-semua bias ditelaah secara umum.
d.dpat dikritisi oleh org lain -> setiap org bias mngkritisi sebuah teori,sehingga muncul teori baru pengetahuan juga seperti itu.

Tgl : 05-10-2010
SOSIOLOGI
B.ILMU-ILMU SOSIOLOGI DAN ILMU SOSIAL
Suatu ilmu dikatakan sebagai ilmu-ilmu social karena yang menjadi objek penelitiannya adalah masyarakat atau kehidupan.
Ilmu sosial belum dapat diselidiki dan dianalisis secara tuntas karena masyarakat yang diteliti berubah-ubah.
◊ Sosiologi merupakasyn ilmu sosial yang berdiri sendiri karena memenuhi syarat2 IP,yang memiliki cirri-ciri sbb:
1.Sosiologi bersifat empiris yang didasarkan observasi dan akal sehat serta tidak bersifat spekulatif.


2.Sosiologi bersifat teoritis,yaitu selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi.
3.Sosiologi bersifat komilatif yg berarti teori2 sosiologi dibentuk atas dasar teori2 yg sudah ada utk memperbaiki,memperluas serta memperhalus teori2 yg ada.
4.Sosiologi bersifat nonetis,yakni yg dipersoalkan bukan pada baik-buruknya fakta tertentu,tetapi tujuannya untuk menjelaskan fakta tsb secara analis.
◊ Bagaimana membedakan sosiologi dengan ilmu social lain nya:
1.Dgn ekonomi.Ilmu ekonomi hakekatnya mempelajari usaha2 manusia utk memenuhi kebutuhan materilnya.Hanya mempelajari segi ekonominya semata,sedangkan sosiologi mempelajari unsur2 kemasyarakatansecara keseluruhan.
2.Ilmu politik mempelajari kehidupan masyrakat yg menyangkut soal kekuasaan.Sosiologi memusatkan perhatiannya pd segi2 masyarakat yg bersifat umum dan berusaha utk mendapat pola2 umum dari masyarakat.
3.Ilmu jiwa sosial meneliti perilaku manusia sbg individu.Ilmu jiwa menekankan pd perilaku individu dlm kehidupan bermasyarakat.
4.Antropologi dgn sosiologi.Sblum perang dunia ke2 antropologi memusatkan perhatiannya pd masyarakat yg sederhana,tetapi stlh perang dunia ke2 tdk lagi hanya membatasipd masyarakat


sederhana,tetap jg memperhatikan perkembangan masyarakat modern.
◊ Definisi sosiologi:
1.Pitirim Sorokin:ilmu yang mempelajari hub dan pengaruh timbale balik antara aneka macam gejala2 sosial.
▪ Hub dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dgn gejala nasional.
▪ Ciri2 umum semua jenis gejala sosial.
2.Roucek dan Warren,sosiologi adlh ilmu yg mempelajari hub antara manusia dlm kelompok2nya.
3.Wiliam F.Ogbrun dan Meyers F.Nimkoff,sosiologi adlh penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.
4.Selo Soemarjan dan Soelaerman Soemardi,sosiologi adlh ilmu yg mempelajari struktur sosial dan proses2 sosial trmasuk perubahan2 sosial.
◊ Objek sosiologi
Objek sosiologi adlh masyarakat yg dilihat dr sudut hub antar manusia dan proses yg timbul dr hub manusia dlm masyarakat.Namun persoalannya agak sukar member batasan ttg masyarakat karena istilah masyarakat trlalu byk mencakup brbgai factor.



◊ Unsur2 dautk menentukan jumlah manusiari masyarakat:
1.Masyarakat merupakan manusia yg hidup bersama.Dlm ilmu sosial tdk ada ukuran yg pasti utk menetukan jumlah manusia yg hrs ada.
2.Bercampur utk wkt yg cukup lama.
3.Mereka sadar bahwa mereka mirip suatu kesatuan.
4.Mereka mirip suatu sistem hidup bersama.Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena setiap anggota kelompok merasa terikat satu dgn yg lainnya.

Tgl : 26-10-2010
PERKEMBANGAN
SOSIOLOGI DI INDONESIA
1.Permulaan Sosiologi di Indonesia
Para pemimpin dan pujangga Indonesia secara teori formal sbg IP blm pernah mempelajari sosiologi,namun dlm karyanya telah memasukkan unsur2 sosiologi.Diantaranya ajaran Wulang Reh yg diciptakan oleh Mangkunegoro lV yg mengajarkan tata hub para anggota masyrakat Jawa dr golongan yg berbeda.Ki Hajar Dewantara sumbangannya berupa konsep2nya mengenai kepemimpinan dan keluarga yg diperaktekkan dlm organisasi pendidikan Taman Siswa.


▪ Hasil2 karya sarjana org Belanda sblm perang dunia ke2 yg mengambil masyarakat Indonesia sbg pusat perhatian,misalnya Snouck Hurgronje,Van Vollenhoven,Ter Haar,Duyvendak,dll.Karya2 mereka mengandung unsur2 sosiologis,namun tdk sbg IP yg brdiri sendiri.
▪ Sekolah Tinggi Hukum(Rechtshogeschool)di Jakarta mrp satu-satunya PT yg sblm perang dunia ke2 memberi kuliah sosiologi.Disini pemberian mata kuliah sosiologi dimaksudkan sbg pelengkap matakuliah ilmu kuliah.Sosiologi yg diajarkan bersifat sosial dan teoritis.
▪ Pada thn 1934/1935 kuliah sosiologi justru ditiadakan,para guru besar berpendapat bahwa pengetahuan ttg bentuk dan susunan masyarakat serta proses2 yg terjadi didlmnya dlm hubungannya dgn mata kuliah hukum,yg perlu diketahui menurut mereka adlh hukum positif,penyebab terjadinya suatu peraturan dan apa yg sebenarnya menjadi tujuannya tdk dianggap penting.Hal yg paling penting adlh bgaimana perumusan peraturannya dan sistem2 utk menafsirkannya.
2.Pekembangan Sosiologi Setelah Perang Dunia ke2
Setelah perang dunia ke2,seorang sarjana Indonesia,yaitu Soenaryo Kolopaking utk pertama kalinya member kuliah sosiologi(1948)di Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta(Akademi ini kemudian dileburkan menjadi Fakultas Sosial Politik UGM).Sosiologi yg dikuliahkan sbg IP dlm jurusan pemeritah dlm negeri,hub luar negri dan publisistik.Pada thn 1950 ada beberapa sarjana Indonesia yg belajar diluar negeri



memperdalam sosiologi khusus.Hal ini membawa perkembangan dan meluasnya IP tsb serta perubahan sosiologi di Indonesia.
Kemusian mulai diterbitkannya buku sosiologi dlm bahasa Indonesia oleh Djody Gondokusumo(Sosiologi Indonesia)yg memuat pengertian elementer yg brsifat teoris dan fisafat.Kemudian diterbitkannya diktat sosiologi oleh Bardosono.Selanjutnya oleh HasanShadily(sosiologi untuk masyarakat Indonesia)ini mirip dgn buku didlm bahasa Indonesia yg memuat bahan sosiologi modern.Kemudian karya Mayor Polak (seorang WNI mantan Pangreh Praja Belanda)”Sosiologi Suatu Pengantar Ringkas” dan “Pengantar Sosiologi Pengetahuan,Hukum dan Politik”(1967).Kemudian muncul buku2 lainnya sprt”Sosiologi Hukum”oleh Satjipto Raharjo,Soerjono Soekarno,dll.Ada juga buku”Social Changes in Yogyakarta”karya Selo Soemarjan.
▪ Dewasa ini di sejumlah universitas Negeri Fakultas Ilmu Sosial atau Fakultas Sosial Politik.Namun blm ada fakultas trsndiri utk sosiologi,yg ada hanya jurusan sosiologi.Demikian pula penelitian2 sosiologi di Indonesia blm mendapat tempat yg sewajarnya karna masyarakat trlampau percaya pd angka2 yg relative mutlak.Apabila masyrakat Indonesia merupakan masyrakat yg majemuk.






Tgl : 10-11-2010
PROSES SOSIAL DAN
INTERAKSI SOSIAL
◊ PENGANTAR
Para sosiologi menganggap pntg ttg proses sosial,mengingat pengetahuan ttg stuktur masyarakat blm cukup untk memproleh gmbrn nyata mengenai khidupan brsm manusia.pengetahuan ttg proses sosial ini memugkinkn seseorg mmproleh pengrtian ttg segi yg dinamis dr msyarakat atw gerak msyarakat.perubahan sosial tdk sama dgn proses sosial.para sarjana sosiologi klasik lbih menitikbrtkn pd struktur drpd.masyarakat dewasa ini,para sosilogi menitikbrtkan perhatiannnya pd ke2 hal tsb,yaiti segi statisnya atw struktur masyarkat atw segi dinamisnya atw fungsir masyarakat.Apa yg dimaksd dgn fungsi sosial?Proses sosial adlh ara2 berhubngan yg dpt dilihat apabila para individu dn klompok2 saling brtemu dan menentukan system serta bntuk hub tsb taw apa yg akan trjadi apabila ada perubhan yg menyebbkan goyahnya cara hidup yg tlh adaa.Atw dgn perkataan lain,proses sosial diartikn sbg pengruh timbl balik antara brbagai segi kehidupan.
◊ INTERAKSI SOSIAL SBG FAKTOR UTAMA DLM KEHIDUPAN SOSIAL
Bentuk umumdr peoses sosial adlh intereaksi soaial krn niteraksi sosial mrpkn syarat utama bg trjadinya aktifitas sosial.Interaksi


sosial mrpkn hub2 sosial yg dinamis yg menygkut hub antera org2-prorgan,antara klompk manusia.Interaksi sosial ini brguna untk menelaah dn mmpelajari byk mslah dlm masyarakat.cth: apabila 2 org brtemu,intraksi sosial mulai pd saat itu jg.mreka mulai slig menegur,brjabat tngan,saling brbicara atw bahkan saling brknalan.bahkan untk org yg tdk mlakukan pembicaraan sekalipun,namun itu menimbulkan kesan ttn sehigga org mengambil suatu tindakan ttn.Brlansugnya suatu proses interaksi sosial dpsdrkan pd brbgi factor,antara lain factor imitasi,sugesti,identifikasi,dn simpati.
• Sisi positif faktor imitasi adlh mendrng seseorg ntuk mematuhi kaidah2 dan nilai2 yg brlaku..faktor negatifnya adlh apabila ada peniruan thp hal2 yg menyimpang.
• Faktor sugesti brlgsug apabila seseorg mbri sesuatu pndgn atw sesuatu sikap yg brasal dr dirinya kmudia ditrima oleh org lain.proses sugesti ini dpt trjadi krn pihak penerima dlm keadaan emosi yg mmbri pndngn trsbt adlh org yg brwibw atw org yg otoriter.
• Idantifikasi mrp kecndrungan atw keinginan dlm diri seeorg utk mnjadi sama dgn pihak lain.Identifikasi ini sifatnya lebih mendlm dr imitasi krn kepribdian seseorg dpt trbntk.proses identifikasi ini brlgsg dgn sndrinya(tdk sdr),maupun dgn sengaja krn ia mmrlukan tipe2 ideal dlm khdupn.Proses identifikasi ini brlgsg,dmn pndngnnya,sikap dan kaedah2 yg berlaku dipihak lain melembg dn


menjiwai drinya.
• Proses simpati adlh dimana seseorg trtarik dgn pihak lain.dlm hal ini,perasaan memegng peranan pnting,walaupun dorongan utamanya utk memahami dan bkrjasama dgn pihak lain.Faktor2 trsbt diatas mrp faktor minimal dlm proses interaksi sosial,krn dlm kenyataan
kadg brlagsg komlpeks sehingga ulit mengadakn pembdaan tegas trhadp faktor2 tsb.

Tgl : 19-10-2010
SEJARAH SOSIOLOGI
PERHATIAN TERHADAP MASYARAKAT SBLM COMTE
Masa comte dipaki sbg patokan krna ia prtma kali memakai istilah atw pengertian sosiologi pertama kali.perhatian masyarakan sblm comte.
□ Plato seorg filsuf Yunani(429-347 SM):menelaah masyarakat secara sistematis dgn merumuskan teor organis ttg msyarkt yg mnckup bdg kehdupan eko dn sosial.msyrkt merupkn refleksi manusia prorgan yg trdiri dr 3 unsur,ykni nafsu semangat dan intelegensia,intelegensialah pengendalinya.
□Comte menganggap bahwa sosiologi merupakan IP plig komplk dn brkmbg pesat.Ia mmbg sosiologi mnjd 2 bgian,ykni sosiologi statis yg memustkan prhatian pd hukum2 statis yg mnjd dsr dr adany msyrkt yg


sosiologi dinamis yg mrp statis ttg prkmbgn dlm ari prkmbngn.Msyrkt akn trus brkmbg menuju ksempurnaan.
•Aristoteles : melakukn analisis rhp lmbg2 politik dlm msyrkt.pengrtian politik dignkn dlm pengrtian yg luas yg mnckp mslah eko dn sosial.Dia dianalogikan masyrkt sgn organism biologis manusia.
•Ibn Khaldum :manggunkn beberp prinsip poko untk menfsirkan kjadian sosial dn pristw dlm sjarah.Ia melkukn analisis trhdp tmbul tggelmnya suatu bgsa.Faktor yg menybbkn brsatunya bgsa2 adlh rasa solidaritas.
•Zaman Renaisance,sepeeti Thomas More dan Campanella : mengnai masyrkt ideal.N.Machiavely : ttg bgaiman cara mmprthnkan kekuasan untk prtama kalinya politik dipisahkan dgn moral.Teori ini memusatkan prhatian pd mekanisme pemerintah.
•Thomas Hobbes : ttg keadan alamiah manusia yg didasri keinginan mekanis yg mnybbkn manusia sllu brkelahi.namun keadaan damai & tentram jauh lbih baik.utk itu,manusia hrs mngdkn prjajian atw kontrak sosial.
•John Locke dan JJ Rousseau : ttg kontrak sosial,mreka ini brpgg pd konsep Thomas Hobbes.
•Saint Simon : ttg manusia yg diplajari dlm khidupan brkelompok.
SOSIOLOGI AGUSTE COMTE
□Comte mnyusun thap prkmbgn pmkirn manusia dlm 3 thp,yakni:


1.Tahap teologis atw fiktif suatu tahap diman manusia menfsirkan sgl gjala disekeli2ngnya scr teologis yakni dgn kekuatan yg dikndalikn oleh roh dewa2 atw Tuhan.
2.Tahap metafisik bhwa didlm stiap gejala trhdp kekuatan atw inti ttn yg akhirnya dpt diungkp.pd thpan ini manusia trikt oleh cita2 tnpa verifikasi krn adanya kprcyaan bhw stiap cita2 trkait pd suatu reliatas trtntu.
3.Tahap ke3 mrpkn thp trakhir dr prkmbgn manusia .pd thpn ini mengnggap bhw pkirn manusia scr psikologis brkmbg pnting.
□Teori-teori setelah comte
¤ Mazhab geografi dn lingkungan : msyrkt bias brkmbg bila ada tmpt brpijak dan tmpt untk hidup (Edward Bukle dan Le Plag).
¤Mazhab organis dan evolisioner :
1.Herbert Spencer : melkukn analogi msyrkt dgn orgnsme manusia.Organisme manusia akan brtambah sempurna apabila akn brtmbh smpurna apabila brtmbh komplks dgn adnya difernsiasi antr bagian2nya.
2.W.G.Summer :ttg kbiasaan sosial yg tbul scr tak sdr dlm msyrkt (folkway).
¤Mazhab formal:
1.George Simmel : utk mnjd wrg msyrkt prl mnglami prses individualisasi


dan sosialisasi.
2.Leopold Von Wiese : sosiologin memustkn prhatian pd hub antr manusia tnp mgkaitkan dgn tujuan / kaedah.
¤Mazhab psikologi
1.Gabriel Tarde : gjala sosial dlm krgka reaksi psikis seseorg.mnt pndptnya gejala sosial mmpunyai sifat psikologis yg trdiri dr interaksi2 antara jiwa2 individu,dmana jiwa tsb trdr dr kprcyaan dn kinginan.
2.Richard H.Cooley : memustkn prhatian pd kndisi psikologis sosial seseorg.individu dn msyrkt sling mlgkapi,dmana individu hanya menemukn bntknya dlm msyrkt.konsep yg dikbgkn klompk utama(primary grup) yg ditndai dgn hub antr pribd yg dkt skali.
¤Mazhab ekonomi
1.Karl Max : mmprgunakn metode sejarah dan filsafat utk mmbgun suatu teori prubhn.mnt dia slm msyrkt trbg dlm kls2,mk kls yg kekuasaan akn trhmpn sgl kekuatn dn kekayaan.km,filsafat,agama dan kesenian mrp refleksi dr status ekonomi kls tsb.
2.Max Weber : mngugkap 4 tipe ideal aksi sosial.semua organisasi sosial hrs dteliti mnt prilakunya wrganya,yg memotifasinya.utk mengtahui dan mggalinya prlu dgunakn metide pngrtian(verstehen).4 tipe sosial msyrkt trsbt a.l :
- Aksi prtjuan : tingkh laku yg ditnjukn untk mndptkn hsil2 yg efisien.
- Aksi yg brisikn nilai yg tlh dtntukn,yg dartikn sbg prbuatn


mrealisasikn dn mncpai tujuan.
-Aksi tradisional : yg mnygkt tgkh laku utk mlksnkn suatu atrurn yg brsanksi.
-Aksi yg emosional : mnygkt prsaan seseorg.
¤Mazhab hukum :
1.Durkhim : hukum yg dhubgkn dgn jenis2 solideritas dlm msyrkt km dlm msyrkt dbg dlm 2 kategori,yakni : sanksi yg refrensi yaitu : kaidah2 hk yg didsari pd solideritas mekanis.Dan sanksi yg restitutif yakni kaedah yg trdpt pd msyrkt yg mndsrkn pd soidsritas organis.
2.Max Weber,ada 4 tipe ideal hukum,yaitu :
-Hk irrasional dan materil,yaitu dimana pmbntuk UU dan hakim mndsrkn kputsn2nya semata pd nilai emosional tnp mnujk pd suatu kaedah pun.
-Hk irrasional dan formal,yaitu dimana pmbntuk UU dan hakim brpedoman pd kaedah2 diluar akal krn didsrkn pd wahyu/rmalan.
-Hk rasional dan materil,yaitu dimn kptusn2 pr pmbntuk UU dan hakim mnnjuk kpd suatu kitab suci,kbijksanaan pnguasa atw ideology.
-Hk rasional dan formal,yakni dmn hk trbntk semat2 atas dsr konsp abstak dr ilmu hukum.




Tgl : 16-11-2010
AKOMODASI
1.Pengertian
Istilah akomodasi diprgnkn dlm 2 pngrtian,ykn mnunjk pd suatu keadaan & proses.
Yg mnunjk pd keadaan brrti adanya keseimbngn dlm intrks antr org2 atw klompk manusia dlm kaitnnya dgn norma2 sosial & nilai2 sosial yg brlk di msyrkt.
Sbg suatu proses,akomodasi mnunjkn kpd usaha2 manusia untk mrdakn suatu prtntngn yaitu usaha2 untk mncapai kestabiln.
Mnt.gillin & Gillin,akomodasi mrp pngrtian yg digunkn oleh para sosiologi untk mggmbrkn suatu proses dlm hbungn2 sosial yg sama artinya dgn pngrtian adptsi yg digunkn oleh ahli2 biologi untk mnujkn pd proses dimn mahluk2 hidup mnyesuaikn diri dgn alam sekitrnya.
Akomodasi sbg suatu proses tdk slamanya brhsil.Akomodasi yg demikian dpt mnimbulkn benih2 prtntngn yg brsft laten(spr prsngka)& sewkt2 dpt mimbulkn prtntngn baru.Utk itu,prlu mmprkwt cita,skap & kebiasaan masa lalu trbukti mmpu mrdm bi2t prtntngn.
Adpun tujuan dr akomodasi adlh,sbb :
a.utk mngurangi prtntngn.
b.utk mncegh mldknya suatu prtntngn utk smntr wktu.


c.utk mmngkinkn bkrjsama.
d.utk mngusahakn pelburn antr kel.2 sosial.
2.Bntuk2 akomodasi
Akomodasi sgb suatu proses mmpunyai bbrp bntuk,antr lain :
a.coercion : akomodasi yg dlksnkn oleh krn adny pksaan.Slh 1 pihk dlm posi2 lemh.Pelksaan pdt dlkukn scr fisik(lgsg)maupn scr psikologis(tdk lgsg).
b.compromise : bntk akomodasi dmn pihk2 yg trlbt saling mngurngi tunttnnya agr trcpai suatu pnyelesaian thp prslsihn yg ada.
c.arbitration : cara utk mmprtmukn keinginn2 dr pihk2 yg brhdpn tdk snggp mncapai sndiri.Prselishn dslelsaikn oleh pihkatw suatu bdn yg mmlk kedu2kn yg lbh tiggi dr pihk2 yg brtnttngn tsb.
d.mediation : mngundng pihk ke3 dlm prselshn.pihk ke3 tsb mngshkn penylsaian scr damai.kedu2kn pihk ke3 hny sbg pnsht saja & tdk brwng mngmbl kptusan.
e.conciliation : usaha untk mmprtemun keinginn2 dr pihk yg brslish agr trcapai suatu prstujuan brsm.cth:panitia tetap brtgs mnyelesaikn prslisihn prbruan.
f.tolerasion : bntk akomodasi tnpa prstjuan formal.toleransi ini timbl ynpa sadr & tnpa dirncakn krn para pihk tdk ingin brselisi.
g.stalemet : akomodasi,dimn pihk2 yg brtntngn krn mmpunyai kekuatn


yg seimbng brhny pd suatu titik ttn dlm mlakukn prtntngn.cth:pd prg dngin antr blok timur & blok barat.
h.adjudication : pnyelesaian sngketa atw prkara di pngadiln.
3.Hasil2 akomodasi
Hasil2 proses akomodasi,antr lain sbb:
a.akomodasi & integrasi msyrkt.Akomodasi & intrgrasi ini tlh byk mmbntu mnghindrkn pertntngn yg brsft laten.cth : org2 Normadia yg mahlukkn Inggris thn 1066.kawin cmpur & pmbrian kedu2kn thp org Inggris tlh mngurangi jrk sosial antr yg dijajah dgn yg mnjajah.
b.menekn oposisi.
c.koordinasi antr brbgai kpribdian yg brbd.misal:prsaingn dlm parpol,kemudian stlh slh 1 trpilh mnjadi krjsama diantr ke2nya demi kutuhn & intgrasi parpol tsbt.
d.perubhn lembg2 kemsyrktn agar sesuai dgn keadaan baru atw keadaan yg baru.
e.perubhn2 dlm kedu2kn prtntngn tlh mnyebbkn kedu2kn goyah & akomodasi mnguhkn kmbali kedu2kn tsb.
f.mmbuka jln kearah asimilasi.proses asimilasi mmbwt para pihk saling mngnal & benih2 toleransi memudhkn mrk utk saling mndkati.
4.Asimilasi



Asimilasi mrp proses sosial pd trf lbih lnjt.Hal ini dtndai dgn usaha2 mngurangi perbdaan2 yg trdpt antr org2 atw kelompk & usha untk mmprtinggi ksatuan tindak,sikp & proses mntl dgn mmprhtkn kep.2 & tujuan brsama.
Timbulnya proses asimilasi,apabila :
1.Kelompk2 manusia yg brbd keb.
2.Org prorg sbg warga klompk saling brgaul scr lngsung & inyensif utk wkt yg lama.
3.Kebuyaan dr kelompk2 manusia tsb masing2 berubh & mnyesuaikn diri.
Faktor 2 yg mmprmudh trjadi asimilasi,antr lain sbb :
a.toleransi.
b.kesemptn2 yg seimbng dbdbng ekonomi.
c.sikap mnghrgai org asing & keb.
d.sikap trbk dr gol.yg brkuasa di masyrkt.
e.prsamaan dlm unsur2 kebudyaan.
f.perkawinan campur.
g.adanya musuh brsama dr luar.
Faktor2 yg menghalng asimilasi :
a.terisolasinya suatu gol.ttn dlm masyrkt (gol.minoritas).


b.kurang nya pengetahuan mngenai kebudayaan yg dihdpi shg mnimbukln faktor ke3.
c.perasaan tkt trhdp kekuasaan suatu kebudyaan yg dihdpi.Hal tsb dkarenakn komunikasi yg krg lancr antr brbgai kebudayaan yg brbd/beranekargm.
d.prasaan bhw suatu keb.gol atw kelompk ttn lbih tinggi drpd keb.gol lainnya.Sikap superioritas ini bnyk djumpai di daerh2 jajahn.
e.adanya prbedaan warna kulit (ras) atw ciri2 badaniah.
f.in-group feeling.in-group feeling mrp adanya suatu prasaan yg kwt sekali bhw individu trikt pd klompk & kbudyaan kelompk tsb.misal : pd bbrp gol.minorits di Indonesia dgn gol.Sali.
g.gangguan dr gol.brkuasa thp kel.minorits.
h.perbedaan kepntingan & prtentngan pribadi.

C.Syarat2 trjadinya Interaksi Sosial
Ada 2 syart trjdnya intrks sosial adlh :
1.Adanya kontk sosial.
2.Adanya komunikasi.
Kata kontk sosial brsl dr bhs latin con atw cum yg artnya brsm2 & tango yg artnya menyentuh.secr hrufiah kontk brart brsama2 mnyentuh.scr


fisik kontk br trjd apabl ada hub fisik.fisik,krn org dpt mngdkn hub.dgn pihk lain tnpa mnyntuh,mis.brbicara.
Bentuk2 kontk sosial :
a.Antr org prorgan.
b.Antr org prorgan dgn klompk org atw sebliknya.
c.Antr klompk 1 dgn klompk lain.
Menurt siftnya,kontk trdr dr :
a.Kontk primer : kontk yg trjd hub.lgsung brtemu & brhdpan muka.
b.Kontk sekunder : melalui perantara.
Arti komunikasi pntg ykni utk mbr tfsirn pd perilaku org lain (berup pembcraan,grak grik bdn),prsaan yg dsampaikn org tsb.Di lain pihk,org ysb akn mmbr reaksi thp prasaan yg dsampaikn org trsbut.
D.Kehidupan Terasing
Arti pntngnya komunikasi & kontk dpt diuji dgn kehidupn trasing.
Kehidupn terasing sempurn ditndai dgn tdk adanya intraksi sosial dgn pihk lain.dlm riset yg dlakukn oleh Kingsley Davis thp seorg ank yg brnm Anna yg hmpir slurh khdupn nya dsekap dloteng dsebuah rmh petni di Pennsylvia.Ank tsb mnjukn sify yg brbd dgn ank2 lain,tdk dpr brjln,tdk dpt mndngr smpurna,tdk dpt mkn sbaimn manusia normal.
E.Bentuk2 Intraksi Sosial


Bentuk2 intraksi sosial,antr lain : krjasama (cooperation),prsaiangn (competition),prtikaian (conflict),akomodasi (accommodation).
Menurt Gillin & Gillin ada 2 mcm proses sosial yg timbul sbg akibt dr interaksi sosial.Bentuk2 intraksi sosial mnurt para ahli,yakni :
1.Menurt Gilli & Gillin :
a.proses asosiatif (akomodasi,asimilasi, & akultirasi).
b.proses yg disosiatif (prsaingan ,prtentangan).
2.Kimmball Young :
a.opsisin (prsaingn & prtentngn).
b.krjasama yg mnghasilkn akomodasi.
c.diferensiasi (tiap individummpunyai hak & kewajibn ats dsr prbdaan usia,seks, & pekrjaan).
3.Tomatsu Shibutani :
a.akomodasi dlm situasi rutin.
b.eksrpesi prtemua & anjuran.
c.interaksi strategis dlm prtentngan.
d.pngembngan prilaku massa.
1.Proses yg Asosiatif (didsrkn pd prsaan pndngn/prosesi)
a.kerjasama.ii mrupkn bntuk intraksi sosial yg pkok /utama.Kerjasama


ini timbul krn orientasi org prorg thp klompk & klompk lainnya.Kejsama brtmbh kuat apabila ada bhaya yg diluar mngancm.Krjsama dpt brsft agresif apbl klompk dlm jngk wktu lama mnglami kekecwaan krn tdk puas.Bentuk2 krjasama (mnurt teori sosiolohi) :
1.krjasama spontn : krjasama serta merta.
2.krjasama langsung : mrupkn hasil printh / penguasa.
3.krjasama kontrak : krjasama ats dsr ttn.
4.krjsama tradisional : krjsama sbg bgian atw unsure dr system sosial.
Mnrt James D.Thompson & William J.Mcewen ada 5 bentuk kejasama,yakni :
1.kerukunan yg mncakup gotong-royong & tolng-mnolong.
2bergaining : pelaksanaan perjajian mngenai pertukarn brg2 & jasa antara 2 organisasi atw lebih.
3.kooptasi : suatu proses mnerimaan unsur2 br dlm kpmimpnan / plaksnaan politik dlm suatu organisasi sbg slh 1 cr untk mnghndari trjadinya kegoncngn dlm stbilits organisasi ysb.
4.koalisi : kombinasi antr 2 organisasi/lbih yg mmpunyai tujuan2 yg sama.Dlm jngka pndek koalisi dpt mnghasilkn keadaan yg tdk stabil krn adanya prbdaan struktr.Akan tetapi,krn mksudnya adlh utk mncpai tujuan,maka yg trjadi adlh koorporatif.
5.Joint Venture : krjasama dlm pngusahaan proyek2 ttn.




Tgl : 14-12-2010 Dosen : Sanusi M.Nasri,SH,M.Hum

◊Akomodasi (Accomodation)
Istilah akomodasi digunakn dlm 2 arti yaitu mnjukn para suatu keadaan dn untk mnjukn pd suatu proses.
-Akomodasi yg mnjukn pd suatu keadaan brarti adanya suatu ksimbngn dlm intrksi antara org prorgan atw klompk2 manusia dlm kaitnnya dgn norma2 sosial dan nilai sosial yg brlaku di msyrkt.
-Sbg suatu proses,akomodasi mnjukn pd usaha2 manusia untk meredakn suatu prtntangn yaitu usaha2 tuk mncpai suatu kestabiln.
-Akomodasi sbnrnya merpkn suatu cara tuk mnylsaikn prtntngn tnp mnghncurkn pihak lawn,shngg lawn tdk khlngn kpribdian.
◊Apa yg dimksd ingin dicapai dgn adnya akomodasi ?
◊Adapun tujuan dr akomodasi adlh :
1.Untk mngurngi prtntgn antr individu dan klompk sbg akibt prbdaan faham.
2.Untk mncgh mldknya/mlebrny suatu prtikaian tuk smntr waktu.
3.Akomodsi kdg2 diushkn tuk mmugknkn krjsm antr klompk2 yg hdp trpsah sbg akbt dr pkrjaan.
4.Mengusahakn trjdnya plbran antr klompk2 yg trpish.
◊Bentuk Kontrvensi mnurt Leovold Von Wiese dan Howard Becker :



1.Yg umum mlputi prbwtn2 sprt prolhn,keenggann,prlwnn,prbwtn,pghlg2,proses rncn gagguan phk lain.
2.Yg sdrhn mnyogkl prnytaan2 org lain dimuka umum,memaki2 mlalui srt2 slbrn,mncrca,mmfitnah,mlmprkn pmbuktian pd org lain.
3.Yg intnsif sprt mghasut mnybrkn desas desus,mngcwkn pihk2 lain dn strusnya.
4.Yg rahasia : mosalnya mengummkn rahasia pihak lain (mmbcrkn rhasia / mghiati org lain).
5.Yg prkts : misalnya mngjutkn phak lawan,mngganggu / mmbingungkn phak lain,umpama dlm kampanye partai2.
Cth : mamksa phak lain mnyesuaikn dr (compormity) dgn kkrasa,profokasi,intimidasi.

KONTRAVENSI/Kesalahfahaman
I.Pengertian kontravensi
-Kontravensi hkektnya mrupkn suatu bntk pross sosial yg brd antr prsaingn dgn prtntngn (prtikaian).
-kontrovensi terutama ditndai oleh gjl ktdkpastian mngenai diri sesorg atw suatu rencn yg dikemukkn olh perorgan / klompk manusia lain.
-Dlm bntk nya yg mulai kontrovensi adlh skp mntal yg trsmbunyi trhdp org2 lain/unsur2 suatu kbdayaan trtntu.Sikp trsmbunyi trsbt


dpt brubh mnjd kbncian,akn tetapi gtdk smpai mnjd prtntnan (prtikaian ).Cth : suatu rncn yg tdk brujng direalisasi/terealisasi.

Tgl : 21-12-2010
Tipe2 kontravensi
Menurut Von Wiese dan Becker ada 3 tipe umum kontravensi :
1.Kontravensi Generasi yg trdpt dlm msyrkt,lazim trjdi teurtama pd jaman ini perubhn2 trjad dgn cepat.
Cnth : mngnai pola hub,antr org tua dgn ank2nya pd umumnya brsft asosiatif,akn tetapi tdk jrg bahw dgn mnigktkn usia (kdwsaan anak) trjadi suatu sifat kragu2an thd pndrian org tua yg diaggap kolot & kuno.Org tua kita trikat dgn trdisi,tdk akn mnrima prubhn dlm msyrkt.Sedgkn genersi muda yg blm trbntuk kpribdiannya mdh mnrima dn trpengaruh oleh prubhn2 tsb.hal ini dpt kita jmpaidikota2 bsr dimana antr gnerasi muda &gnerasi tua trjd silg pndpt.
2.Kontrovensi Sexual
Terutama yg mnygkut hub suami istri dlm kluarga.kcndrungn di Indonesia,brdsrkan nilai2 kmsyrktn mnmptkn suami istri pd kdudukn sejjr akn tetapi hal tsb kdg2 mnimbulkn kraguan trhdp wanita.
Terutama yg mnygkut kmmpuan,mngingt latr blakg sejrh dan kbudyaan kedudukn wanita dibwh kekuasaan laki2.demikian jg pranan wanita dlm msyrkt.



3.Kontrvensi Parlementer
Hal ini brkaitn dgn hub antr golongn mayoritas dgn golongn minoritas dlm msyrkt,baik mnygkut hub mrka did lm lmbg legislative,keagamaa,pndidikan dsb.
Beberp tipe kontravensi yg sbnrnya trltk diantara kontravensi dgn prtiakaian /prtentangan tipe2 trsbt :
1.Kontravensi antr msyrkt setempt (community)yg mmbntuk :
-Kontravensi antar msyrkt2 stmpt yg brlainan (antar komuniti-struggle).
-Kontravensi antar golongan2 dlm satu msyrkt setempat (Inter Community – struggle).
2.Antagonisme – keagamaan
3.Kontravensi Intelektual : yaitu sikp yg mniggikn diri dr pd mreka yg mmpu,latr belkg pendidikkn yg lbih tiggi.Hal ini tdk saja trjadi pd Negara maju,tetapi juga trjadi pd Negara2 brkmbg.
4.Oposisi Moral
Hal ini brhub dgn ltr blkg kbudayaan,biasanya trhdp Negara / daerah yg tlah mapan.yg mnimbulkn prsngka thd taraf kbudyaan ttntu trmasuk did lm system nilai yg mnygkut bidang moral.METODE DALAM SOSIOLOGI
•Cara sosiologi mmpelajari objeknya yaitu msyrkt ada 2 cara sbb :
1.Metode Kualitatif : yaitu mengutamakn bahan yg sukar diukur dgn



angka atw dgn ukuran lain yg brsift exsakwalaupun bhn2 trsebut trdpt dgn nyata did lm msyrkt.
2.Metode komperatif : mmntingkn prbandingan antr brmcm2 msyrkt bsrta bidng nya untk mmperoleh prbdaan dn persamaan serta sebab2nya.Perbdaan dn persamaan tsb brtujuan untk mndptpetunjuk,mengnai prilaku msyrkt pd masa silam dn masa sekrng dn juga msyrkt yg mmpunyai tingkat pandngn yg brbd atw sama.
3.Metode study kasus (case study) brtujuan untk mmpelajari sedlm2nya,slah 1 gejala nyata dlm kehdupn msyrkt study kasus dpt dgunkn untk mnelaah suatu prsoalan khusus yg mrupkn gejala umum dr prsoaln lainnya dpt mnghasilkn dalil umum.
4.Suatu teori akn sngt brguna dlm mngembngkn system klasifikasi fakta,membina stuktr konsep serta mngembngkn definisi yg pnting untk penelitian.
•Metode Dalam Sosiologi
Setelah mndptkn gambrn dn pokok2 tentg ruang lingkup sosiologi serta hubungnya dgn ilmu sosial dgn teori.perlu djelaskn cara sosiologi mmpelajari objeknya/msyrkt.
Cara metode pd dsrnya ada 2 jenis yaitu metode kualitatif dn kuantitatif.
Metode kualitatif -> mengutamakn bhn yg sukar dpt diukur dgn angka /dgn ukuran lain yg diukur dgn angka2 dgn ukuran lain yg brsifat exsak walaupun bhn trsbt trdpt dgn nyata didlm msyrkt.
Dlam metode kualitatif -> trmasuk metode historis dan komperatif -> kombnasi.



Metode Historis menggunkn analisis trhadp peristiwa dlm masa silam untk merumuskn prinsip umum.
Metode Komperatif memntingkan prbandingn antr brmcm msyrkt bsrta untk mmproleh prbedaan dan prsamaan suatu sebab2nya.
Perbdaan dn persamaan brtujuan untk mmdptkn petunjukmngenai prilaku msyrkt pd masa silam maupun pd masa sekarang.

Tgl: 11-01-2011
Persaingan
Persaingan (competition) dpt diartikn sbg suatu proses sosial,dimn individu atw kelompk.manusia yg brsaing mncari keuntungn melalui bidag2 kehidupnyg pd suatu ms trtnt mnjd pusat prhatianumum (prorgn kelompk manusia) dgn cara mnarik prhatian public maupun dgn mmprtjmprsangka yg tlah ada tnpa mmprgunkn ancaman atw kekersn.
Ada 2 tipe prsaingan : yaitu – brsifat pribadi
- brsifat tdk pribadi
Persaingan brsift pribadi
•org prorgn atw individu secara langsung brsaing untuk mmliki kedudukn trtentu didlm suatu organisasi.
Persaingan yg tidak brsifat pribadi
•yg langsung brsaing dgn kelompk (msyrkt) missal trjadi antara 2


prusahaan untk mndpt monopoli dlm suatu wilayah.contoh : indosat – telkomsel
BENTUK2 PERSAINGAN
1.Persaingn ekonomi : yaitu timbul krn trbtsnya prsediaan apabila dibnding dgn jumlah konsumen,dlm teori ekonomi klasik prsaingan brtujuan untk mngntr produksi & ditribusi.”prsaingn mrupkn slah 1 cara memilh prodesen yg baik”.
2.Persaingan kebudayaan : prsaingn dlm bidag kbudayaan trjadi ketika pr pedgang barat (Eropa) brdgg di pelabuhan.Jepang atw pend Kristen meluakn agamnya di Jepang.Hal yg sama jg trjadi ketika suatu kebudyaan barat dibawa oleh Belanda ke Indonesia pd abad 15 brhdpn dgn kbudyaan Indonesia.
3.Persaingan kedudukn & peranan : dlm diri seseorg maupun kelompk trdpt kelogian untk diakui sbg org (kelompk) yg mmpunyai kedudukn serta pranan yg trpandai.
Contoh : status sosial
4.persaingan Ras : persaign ras sbnrnya jg mrupkn persaingn dibidang kebudayaan,namun pd pasarnya krna prbedaan kulit bentuk tubuh,maupun corak rambut yaitu merupkan satu prlambang kesadarn & sikap atas prbedaan dlm kebudyaan.”hal ini disebbkn krn ciri badaniah lebih mudah trliht dibndig unsure kudyaan lain”.
Contoh : guru brkulit putih -> guru local di Jepang sblum perang dunia ke II.



Persaingan dlm btas tertntu yg mmpunyai fungsi :
1.menyalurkn keinginn individu (kelompk) yg brsift kompetitif.Sifat manusia pd umumnya selalu ingin mmperoleh yg trbaik dihargai “trendy” sehingga makin byk sesuatu yg dihrgai,semakin meningkt pula keinginn utk mraihnya.
2.sebg jln dimn keinginn,kpntingn serta nilai2 yg pd suatu masa pusat prhatian & trsalurkn dgn baik oleh mrk yg brsaing.
Missal : pememuan2 baru (menyuguhkn alternatif).
PERTENTANGAN (Pertikaian / konflik)
Pertentangn ; adlh suatu protes sosial dimn individu (kelompk) berusaha untk memenuhi tujuan mengitai fisik lawan yg dsertai dgn ancman & atw kekersn.
PENYEBAB TERJADINYA PERTENTANGAN
1.Perbedaan antra individu : perbedaan pendirian & persaan,mingkin mnyebbkn bentroknya antra mereka (individu / kelompk).
2.Perbedaan kebudayaan : dipengaruhi oleh pola2 kebudayaan yg mnjadi latar belakang,pmbntukn kpribadian seseorg secara sadar / tdk sadar akn trpngaruh oleh pola2 pmikirn & pendirian diri kelompok selanjutnya tsb dpt pula mybbkn trjadinya prtntngn antar kelompk manusia.
3. Perbedaan kepentingan : antra individu maupun kelompk mrupkn dari prtntngn,wujud kpntingn dpt brmcm2 ada kpntingan ekonomi,politik,dll.


Contoh : majikan & buruh.
“terjadinya prtntngn dgn upah,majikn mnginginkn upah yg rendah,buruh mnginginkn upah sebliknya”.

Tgl:18-01-2011
Asimilasi diperkuat apabila frekuensi interaksi sosial tinggi tetap & apabila keseimbngan antra pola2 asimilasi tsb.
Faktor2 penghalang & pendukung asimilasi.
A.faktor2 yg dpt mmpermudah trjadinya asimilasi adalh :
1.Toleransi
2.kesempatan2 dibdang ekonomi yg seimbng.
3.seatu sikap mnghargai org asing & kluarganya.
4.sikap yg trbuka dr golongan yg brkuasa dalm msyarkat.
5.persamaan dlm unsur2 kekluargaan.
6.perwakilan campuran.
7.adanya masuk dari luar.
B.Faktor yg mnghalangi terjadinya asimilasi
1.adanya kehidupan suatu golongan tertntu dlm msyarkat yg terisolasi.
2.kurangnya pengetahuan mnenai kebudayaan yg dihadapi.

Sabtu, 15 Januari 2011

Hukum Islam

Alasan adanya Hukum Islam:
1. Historis: sejarah - Asas konkordansi (mohammadan reach) hukum nabi muhammad
2. Penduduk - 85% islam
3. konstitusional - uud pasal 29 ayat 1,2
4. Yuridis: hukum islam yang berlaku di indonesia . SIFATNYA ADA 2 :
*NORMATIF (menyangkut masalah ibadah)
*YURIDIS FORMAL (menyangkut bidang muamalah (kemasyarakatan) menyangkut masalah di lingkungan nya. negara ikut campur.
cth: UU no 1/1974 ttg perkawinan
Laki": 19 th. wanita: 16 th
5. Ilmiah: berdasarkan ilmu pengetahuan